Persiapkan Analog Switch Off, Diskominfo Kabupaten Blitar Lakukan Rakor Verifikasi dan Validasi Penerima Set Top Box

DISKOMINFO – siaran TV analog secara resmi bakal dimatikan (Analog Switch Off), paling lambat 2 November 2022. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk segera bermigrasi dari TV analog ke TV digital ini. Pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo juga berupaya mengalokasikan bantuan Set-Top-Box (STB) kepada keluarga miskin.

Untuk menentukan bantuan STB ini tepat sasaran kepada keluarga miskin di Kabupaten Blitar butuh verifikasi dan validasi data. Sehingga hari ini Jum’at (1/7/2022) Dinas Kominfo melalui Bidang Dastik mengadakan rapat koordinasi persiapan verifikasi dan validasi data warga miskin calon penerima¬† Kabupaten Blitar.

Ada pun Kominfo mengundang Dinas PMD, Dinas Sosial, Dispendukcapil, Bagian Tata Pemerintahan, Lurah Kanigoro, Lurah Kalipang, Kades Kalipucung, Kades Karangsono dan IKOMAT yang nantinya hasil rapat koordinasi ini segera tersusun data Rumah Tangga Miskin yang berhak untuk menerima bantuan STB.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar, Eko Susanto didampingi Kabid Data dan Statistik mengatakan, ada lima kriteria Rumah Tangga Miskin yang menerima bantuan STB diantaranya, Rumah Tangga Miskin yang terdaftar dalam DTKS Kemensos, memiliki pesawat TV analog dan menikmati siaran TV melalui teresterial, lokasi rumah tangga berada di lokasi siaran TV digital, bersedia menerima dan memanfatkan bantuan STB dan dalam satu Rumah Tangga Miskin menerima 1 bantuan STB.