[prisna-google-website-translator]

Untuk Mengembangkan Potensi Putra Daerah Blitar, Dinas Kominfo Hadirkan Juara Robotik Internasional dan Juara Krenotek 2019

  • 0 Comments
  • 15 August 2019

Blitar- Sebagai bentuk dukungan dan mengembangkan hasil kreasi putra daerah di bidang teknologi dan informasi, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengadakan agenda “Pemaparan Smarthome with IoT (Internet of Things) oleh Juara I Krenotek tahun 2019 Bidang TIK Kategori Umum” di ruang Command Center Kabupaten Blitar, Kamis (15/8/2019).

Juara Krenotek memaparkan hasil kreasi Smarthome with IoT

Agenda pemaparan smarthome with IoT disampaikan langsung oleh M. Syafii Wahyu Pratama dan Ilham Dwi Pratama sebagai perwakilan juara I Krenotek tahun 2019, dan dihadiri oleh OPD terkait, kampus juga SMK yang memiliki jurusan Informasi dan Teknologi. Selain itu, juga dihadiri tiga putra daeerah yang pernah memenangkan lomba robotik tingkat internasional di Osaka Robotic Games 2017 di Jepang yaitu M. Gymnastiar Alfarisi dan Nauval Hanif Al Imron dan Zikri Azizy Aljava di World Robotic for Peace (WRP) di Johor Bahru, Malaysia pada tahun 2019.

Dalam agenda pemaparan ini, Syafii dan Ilham yang sekarang kuliah di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjelaskan tentang Smarthome with IoT yang mereka kembangkan untuk mempermudah semua aktivitas di rumah termasuk mengontrol semua perangkat, seperti AC, lampu, TV dan perangkat lainnya. Nantinya juga akan dikembangkan untuk memonitor energi listrik di rumah. Untuk perangkat smarthome yang dipresentasikan adalah prototipe dari empat buah lampu, kemudian dikendalikan menggunakan aplikasi di handphone.

Armin saat berbagi pengalaman tentang robotik di Blitar

Kemudian, Armin Irawan selaku pendamping tim robotik asal Blitar yang telah sukses ikut di perlombaan internasional memaparkan tentang perlunya ‘Museum Prestasi’, sebuah tempat ekshibisi untuk meletakkan piagam atau hasil pengamalan putra daerah Blitar yang selama ini sudah memiliki prestasi. Armin juga berharap nantinya pemerintah Kabupaten Blitar akan mewadahi seluruh potensi putra daerah yang berhubungan dengan Teknologi dan Informasi.

Kepala Dinas Kominfo menyambut baik ide Robotik Daerah

Masukan ini disambut baik oleh OPD terkait termasuk Bappeda dan DPMD Kabupaten Blitar juga sekolah kejuruan yang telah hadir. Sementara itu, Dinas Kominfo akan terus berupaya untuk berkoordinasi dan menjaring seluruh prestasi putra daerah baik yang berhubungan dengan teknologi dan informasi, atau prestasi lainnya dalam bentuk publikasi yang masif agar terus bermunculan potensi putra daerah yang lainnya. [na]