[prisna-google-website-translator]

Integrasi Data Menuju One Data Kabupaten Blitar

Pentingnya Data Statistik Sektoral untuk Mendukung Keputusan

Kominfo-Blitar. Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Blitar menyelenggarakan Rapat One Data Kabupaten Blitar di Ruang Command Center (OP Room) Kabupaten Blitar pada hari Jumat (01/03/2019).

Rapat ini dihadiri oleh Kasubbag Penyusunan Program/Petugas dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PU PR, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Parbudpora juga Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar.

Dinas Kominfo membuat sistem One Data Kabupaten Blitar ini mengacu pada amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik utamanya sektor data publik, Undang-Undang Republik Indonesia No. 16 tahun 1997 tentang Statistik, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 98 Tahun 20189 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah (Statistik Dasar dan Statistik Sektoral), dan Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 68 Tahun 2018 tentang Satu Data Provinsi Jawa Timur.

Salah satu OPD mengajukan pertanyaan dan masukan saat rapat

Data yang telah diolah nantinya disebut dengan informasi, sehingga kualitas data berbanding lurus dengan kualitas informasi. Data dalam sistem informasi berasal dari berbagai sumber data. Untuk itu diperlukan integrasi antar data. Pada praktiknya, dalam menyusun rencana pembangunan, tidak cukup hanya menggunakan Data Dasar yang disediakan oleh BPS, oleh karena itu perlu ada kerjasama antara BPS sebagai penyedia data statistik dasar dan OPD sebagai penyedia data bagi keperluan perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar Eko Susanto mengatakan, “One data Kabupaten Blitar menjadi penting agar publik memiliki akses yang sama, sehingga APBD per tahun bisa diketahui secara visual.”

Untuk langkah lanjutan dari integrasi data ini, OPD yang terkait akan mengirimkan data ke Dinas Kominfo Kabupaten Blitar, sehingga akan didapatkan data yang benar atau kredibel yang bisa diakses lewat One Data Kabupaten Blitar.

Dinas Kominfo saat menyampaikan konsep One Data Kabupaten Blitar

Data yang benar atau kredibel merupakan kunci dari kualitas pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Kebijakan publik, pelayanan publik, penegakan hukum, pengawasan kinerja pemerintah, hingga peluang bisnis, semuanya membutuhkan data yang kredibel, untuk itulah sistem One Data Kabupaten Blitar menjadi diperlukan. /NA/