[prisna-google-website-translator]

DisKominfo Kab Blitar Gandeng 14 OPD Selenggarakan Pengadaan Aplikasi

  • 0 Comments
  • 19 February 2019

KOMINFO. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar melakukan Sosialisasi Standart Aplikasi dan Koordinasi Pengembangan Aplikasi berkoordinasi dengan 14 OPD di Command Center, Selasa (19/02/2019).

Diskominfo Kab Blitar dan 14 OPD dalam sosialisasi Standart Aplikasi dan Koordinasi Pengembangan Aplikasi

Sosialisasi tersebut berkenaan dengan Tupoksi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar terkait Aplikasi dan Tata Kelola E-Government yakni menyelenggarakan penetapan standart format data dan informasi hingga pengembangan aplikasi pemerintah dan pelayanan publik yang terintegrasi dan juga pemeliharaannya.

Dinas Kominfo melakukan koordinasi dengan 14 OPD yang akan melakukan belanja aplikasi periode tahun 2019 untuk mendampingi perencanaan, pembangunan, implementasi hingga evaluasi dan usulan perbaikan aplikasi, hal tersebut sesuai Peraturan Bupati No. 26 Tahun 2018 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pemerintah Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar Eko Susanto, S.T., M.Si dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan kontrak pengadaan aplikasi harus dilengkapi dengan proses bisnis, struktur tabel, dan relasi.

“Kominfo butuh dokumentasi tersebut supaya tahu alur aplikasi. Kami meminta dokumentasi, proses bisnis, tabel, relasi, manual book atau video tutorial dan lain-lain. Kalau memang bersifat terbuka dapat dikembangkan maupun disampaikan di dalam klausul kontrak itu dan berkelanjutan,” tutur Eko Susanto.

Ia menegaskan Kominfo tidak ikut atau terlibat dalam ranah kontrak, akan tetapi dalam pengaplikasiannya Kominfo akan memanfaatkan data dalam sistem aplikasi tersebut. Kominfo akan mengolah data tersebut menjadi data-data yang mudah dibaca misalnya dalam bentuk grafik dan lain sebagainya.

Seluruh server yang dikelola OPD dikonsolidasikan pada data center yang dikelola Diskominfo. Tidak hanya mengelola data, tetapi Kominfo Kabupaten Blitar memiliki tugas baru yakni pengamanan terhadap seluruh jaringan dan website yang ada di Kabupaten Blitar.

“Tugas Kominfo ke depan akan sangat terbantu dengan OPD terkait dengan pengadaan aplikasi namun tetap dengan  koridor yang ada,” ungkap Eko Susanto dalam sambutan akhirnya.(EM)

Leave a Comment

7 + 2 =