[prisna-google-website-translator]

Dinas Kesehatan Gencar Lakukan Fogging di Seluruh Wilayah Kabupaten Blitar

 

Petuagas sedang lakukan fogging di Diskominfo Kab. Blitar

KOMINFO. Banyaknya kasus DBD yang terjadi di Kabupaten Blitar,  Dinas Kesehatan gencar lakukan fogging diberbagai tempat di kabupaten Blitar salah satunya di Dinas Kominfo, Senin (11/02/2019).

Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2PM) sudah melakukan fogging sejak desember akhir 2018 hingga sekarang diberbagai wilayah Blitar, terutama dibagian wilayah yang sering terjadi kasus DBD.

Anharul Qoni petugas fogging Staf P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mengatakan wilayah Blitar termasuk kecamatan Udanawu, Ponggok, Srengat dan Sanankulon sering terjadi kasus Demam Berdarah (DBD).

“Kami sudah lakukan fogging sejak desember akhir 2018, rencananya besok akan lakukan fogging di Selopuro, Tegalrejo dan Jatitengah yang akan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Blitar Marhaenis UW.” Katanya

Musim hujan membuat vektor nyamuk berkembang biak, di Kabupaten Blitar akhir tahun 2018 hingga awal bulan januari peningkatan terbilang cukup besar. Rencananya hingga bulan maret akan terus melakukan fogging di seluruh wilayah Blitar.

Dapat diinformasikan bahwa tujuan dilakukannya fogging adalah pengendalian dari wabah penyakit DBD dini. Fogging fokus pada pemberantasan hamanya yakni di vektor nyamuk hal ini termasuk nyamuk Aedes Agypti dan Aedes Albopictus.

“Harapannya Warga dalam pengendaliannya bisa sendiri dengan cara melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M (Menguras, Menutup, dan mengubur) yang dilakukan rutin setiap 7 hari sekali. Hanya itu sebenarnya cara simpel untuk mencegah DBD.” Tutur Qoni usai melakukan fogging di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar. (EM)